Kompetensi Lulusan

Profil Lulusan Program Studi  Akuntansi Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Musirawas Sebagian besar lulusan Program Studi S1 Akuntansi  diharapkan bekerja sebagai :

  1. Akuntan Publik (pada Kantor Akuntan Publik)
  2. Akuntan Intern
  3. Konsultan (di bidang Sistem Informasi, Perpajakan, Akuntansi maupun manajemen)
  4. Bank dan Lembaga Keuangan Lain
  5. Lembaga Pemerintahan/Badan Usaha Milik Negara
  6. Maupun sebagai wirausaha terdidik.

Berdasarkan profil lulusan dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, kebutuhan dunia kerja, kebutuhan profesional, serta mempertimbangkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, disusunlah kompetensi umum yang akan dicapai sebagai berikut:

  1. Menguasai konsep teoritis bidang akuntansi umum dan khusus secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  2. Mampu mengaplikasikan konsep teoritis dan prinsip akuntansi dan memanfaatkan IPTEKS pada bidang akuntansi dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data akuntansi, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Adapun Kompetensi Utama yang diharapkan Program Studi  Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Musirawas adalah :

  1. Di Bidang Perpajakan
    Lulusan Mampu memahami konsep dasar perpajakan termasuk penyusunan Laporan keuangan Fiskal serta mampu menyusun SPT secara manual maupun komputerisasi serta memahami tentang perencanaan pajak ( tax planning).
  2. Di Bidang Akuntansi ( Akuntan Intern)
    Lulusan Mampu menguasai Akuntansi baik secara manual maupun berbasis komputer untuk dapat diaplikasikan sebagai pegawai dalam bidang akuntansi di perusahaan milik negara dan daerah serta perusahaan swasta serta dapat melakukan analisis kinerja keuangan, memahami akuntansi global dan dapat memecahkan masalah akuntansi di masyarakat.
  3. Di Bidang Akuntan Publik
    Lulusan diharapkan mampu bekerja dengan membuka kantor akuntan publik (KAP) yang memberikan pelayanan kepada perusahaan dalam bidang audit, penyusunan sistem akuntansi dan jasa lainnya secara independen.

Di samping kompetensi utama, terdapat beberapa Kompetensi Pendukung sebagai berikut:

  1. Mampu memahami aspek hukum dan lingkungan bisnis
  2. Mampu memahami konsep, melakukan perhitungan serta mengambil keputusan dalam bidang keuangan
  3. Mampu memahami  gambaran umum tentang manajemen dan praktiknya
  4. Mampu melakukan komunikasi bisnis dengan efektif
  5. Mampu melakukan penelitian ilmiah di bidang Akuntansi
Written by Admin on Saturday September 25, 2021